Selamat Datang di Dunia yang Keren

Mari menonton. Di sini ada sensasi, seru-seruan, gila, rame. Orang-orangnya ceriwis dan heboh. Di sini ada gala, laser, diva, selebiriti, metroseksual, sosialita. Ada infotainment juga edutainment. Anda boleh joget, jingkrak, atau nangis pun tak apa. Emosi adalah milik kalian yang paling berharga. Lupakan banjir di rumah, uang sekolah yang meroket, jalan yang macet.

Ini dunia hiburan, kalau anda suka, anda keren banget. Kalau anda keren anda pasti suka.

Tontonlah gosip para seleb, mereka public figure karena mereka selalu ada, tinggal nyalakan tivi—yang lain bisanya omong doang. Nikmatilah konser kompetisi nyanyi. Di sana ada tangis-tangisan, lagu cinta dan cinta lagi, ada MC kondang atau para juri yang keren. Dan, tentu saja, it’s international and it’s branded.

Jangan khawatir dengan iklan, kami akan selalu kembali setelahnya. Kami akan terus kembali, sebagaimana iklan selalu kembali setelah kami. Keduanya saling melengkapi, sahabat sejati, seperti kata sebuah lagu. Keren kan?

Tontonlah sinetron, anda akan tahu bagaimana sebaiknya berperilaku: anak muda harusnya dandan seperti apa, menjalani hidup bagaimana, memperlakukan orang lain dengan cara apa. Ngomong sedih dan gembira mimik dan gesturnya bagaimana, bahasa dan logatnya pakai yang mana. Semua ada. Apalagi ada orang jahat dan baik. Anda tinggal contoh yang baik, karena yang jahat pasti kalah. Kalau yang jahat menang itu tak mendidik. Di sini, sesusah apapun, sebanyak apapun pertengkaran dan caci-maki, pada akhirnya yang baik dan tertindas pasti menang. Itulah pendidikan yang sebenarnya.

Semua tontonan itu, satu dan lain berganti dengan cepat, saling tumpuk dan piting, mengambang di permukaan, bergerak tanpa perlu anda pikir tujuan ke mana. Pokoknya asik. Lagipula, kenapa harus ruwet-ruwet? Hidup ini sudah susah, jangan dibikin tambah susah dengan berpikir tentang tujuan. Pokoknya, tinggal pegang remot, anda bisa milih mau nonton yang mana. Itulah demokrasi yang sebenarnya.

Beda dengan para politisi dan birokrat. Kerja mereka hanya korupsi dan korupsi. Terpilih mulu lagi. Pokoknya, kalian gak dapat apa-apa. Pemerintah itu apa, isinya iblis semua. Mending kalian nonton tivi, nonton kami, hibur diri. Dijamin bikin senang dan ceria.

Jangan ikut-ikutan sifat sirik orang, kayak mahasiswa, buruh atau tukang kritik. Mereka bisanya cuma demo, bikin rusuh, ribut, macet. Mereka sebaiknya memperbaiki diri, menegur diri sendiri saja, daripada memusingkan orang lain. Mind your own business. Please deh.

Sekarang yang penting cuma dua: cinta dan semangat wirausaha. Negeri ini kekurangan dua-duanya. Daripada antre kayak sarden di bursa kerja atau CPNS. Eh, ini saya kasi tahu rahasia. Kalau anda mau tunduk dan diam dikit aja, pasti jadi kaya. Ikut arus aja.

Ingatlah, tak ada yang dapat menolong anda. Kalau anda sedih, tinggal menghibur diri. Kalau anda capek, istirahatlah sambil nonton. Semua anda selesaikan sendiri, kan? Karena itu anda harus mandiri, orang lain hanya ingin cari untung dari anda. Tidak akan ada masalah selesai kalau bukan anda sendiri yang menyelesaikannya. Kalau anda tidak bisa selesaikan sendiri, itu bukan masalah. Itu  takdir, serahkan ke Tuhan. Itu wilayah Yang Maha Kuasa. Hanya dua itulah yang bisa menyelesaikan masalah. Anda atau Tuhan. Tak ada lainnya.

Intinya, kalian harus menjadi diri sendiri, silahkan menghibur diri dan belanja, maka anda akan jadi diri sendiri. Yang paling penting kita semua senang, ceria, gembira, bahagia. Hidup anda akan lebih hidup dengan hentakan musik, sabetan pedang cahaya, liukan, pelukan, tepukan, teriakan. Atau tangisan dan pertengkaran, perkelahian, tembakan dan ledakan yang tidak akan menyentuh anda—itu kan cuma tontonan, hiburan. Rileks bro.

Semua yang bising dan silau itu pasti keren. Semua adalah seni, bahkan orang tembak-tembakan, pertengkaran atau perkelahian juga seni. Semua pun sudah ada dalam bentuk poster atau tato, stiker atau bando, banner atau nintendo. Pokoknya, anda tinggal nonton, semua sudah ada di toko.

Iya, anda harus bergerak. Kalau anda diam, pasti kalah. Kalau anda terlalu lama mikir, refleksi, anda ketinggalan. Jangan terlau banyak baca dan diskusi, atau diam di rumah saja. Bergaraklah supaya anda terlihat. Kalau mau maju, anda harus terlihat, itu wajib. Tak terlihat berarti tak ada. Anda tidak eksis. Apalagi sekarang ada twitter, facebook, youtube. Anda tinggal beli pulsa dan hape. Murah kok. Satu rahasia lagi, anda harus bisa masuk tivi, apapun caranya. Itu kiat paling mutakhir orang bisa sukses dalam hidup. Masuklah tivi, semua beres.

Pokoknya sekarang ini, kalau anda gagal, itu pasti salah anda. Mungkin anda malas, kurang gerak, kurang dandan, kurang teriak, kurang energik atau kurang doa. Padahal semua produk untuk itu sudah tersedia. Semuanya ada. Dunia hiburan sudah siap melayani anda.

Itulah, say, dunia yang keren.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s